Duh..Si Kecil Malas Sikat Gigi

Si Kecil semakin hari semakin tumbuh dan berkembang. Dulunya giginya yang cuma satu, sekarang sudah berbaris rapi, selalu terlihat jika dia senyum. Senangnya...

Tapi.. hobinya itu yang bikin cemas. Coklat, permen, es krim, pokoknya yang manis-manis selalu saja ada di genggamannya. Tapi giliran disuruh sikat gigi, luar biasa susahnya. Kalau begini terus, bisa-bisa giginya persis waktu saya masih kecil..he..

Terkadang sih saya berpikir "ah..biarin aja, kan masih gigi susu ntar masih ada gigi dewasa lagi kok". Hati pun jadi lebih tenang jika berpikir begitu..

Tapi ternyata..




Meskipun masih gigi susu, tetap saja harus dijaga. Karena banyak fungsinya. Diantaranya :
- Untuk berbicara, padahal usia segitu kan lagi perlu banyak belajar kata. Kalau giginya kropos bahkan tandus (he..istilah baru) akan susah melatih pengucapan yang baik dan benar.
- makan, kalau ga ada gigi kan susah makannya.
- Mempertahankan lengkung rahang supaya gigi tetap mendapat tempat yang cukup pada saat tumbuh.

nah..siapa yang masih mau meremehkan gigi susu?? apalagi kalau dikaitkan dengan kePDan si kecil, kan kasian kalau dia lagi asyik ketawa tiba-tiba tetangga nyeletuk "iiihh..giginya kenapa itu".. spontan mulutnya langsung ditutup dan suara tawanya pun perlahan menghilang trus dia berpaling. Yup, dia malu, minder, atau bahkan tersinggung.

Jangan sampai ini terjadi pada buah hati kita. Yuk kita kerahkan segala kemampuan kita untuk terus membiasakan buah hati kita untuk sikat gigi. Diantara cara yang perlu kita coba adalah :
Belikan dia sikat gigi khusus anak-anak, bahkan biarkan dia yang memilih.

Sediakan lebih dari satu sikat gigi, sehingga apabila dia bosan dengan yang ini, dia bisa pilih yang itu.

Sikat gigi lah bersamanya. Jika perlu biarkan dia menyikat gigi kita, kita menyikat giginya. Bergantian, kita sikat giginya, dia sikat gigi kita. Ini membuat kegiatan sikat gigi menjadi lebih mengasyikkan bagi anak.

Ajak dia balapan sikat gigi "ayo kita balapan sikat gigi...!!!". Anak akan terpacu semangatnya untuk memenangkan balapan. Tapi ingat ya.. kita jangan sampai menang..!! harus si kecil yang menang. Supaya besok jika diajak balapan lagi dia tambah semangat..


nah..jika sudah begitu, bikin jadwal sikat gigi untuk anak.

o iya.. untuk awal sebaiknya jangan langsung pakai odol ya. Tapi jika mau, kasih sedikit saja. Karena kebanyakan anak-anak tidak suka rasa odol meskipun odol rasa buah-buahan.

mungkin itu sedikit tips dari saya.. mudah-mudahan bisa diterapkan dan si kecil jadi suka sikat gigi.

dan yang paling penting, ortunya juga harus rajin sikat gigi. titik.

NB : saya belum punya anak lho ya, jadi kalau tulisan di atas menggambarkan seolah saya udah punya anak, maka itu hanya ilustrasi saja. Murni khayalan, tapi bisa saja terjadi pada orang lain.

o iya.. mohon do'anya ya untuk istri saya yang sedang hamil 5bulan. mudah-mudahan semuanya lancar.. amin

terimakasih, dan jangan lupa tinggalkan komentar ya.

NB : gambar diambil dari dentiadental.com

Artikel yang Berhubungan



Comments (0)

Post a Comment