CARA MENYUSUI YANG BENAR

Seringkali kita dengar bayi tidak diberi ASI karena susu sedikit keluarnya, atau bahkan sulit keluar. Ternyata salah satu faktor yang menyebabkan ASI sedikit yang keluar berhubungan dengan posisi saat menyusui. Posisi yang tepat dapat mendorong keluarnya ASI secara maksimal. Posisi yang tidak tepat selain menyulitkan pemberian ASI, juga dapat melukai puting payudara Ibu (lecet)

POSISI MENYUSUI
Posisi Duduk I

Posisi duduk sambil memangku bayi mungkin cara yang paling banyak dilakukan. Ibu dapat menyandarkan lengannya pada bantal sehingga tidak perlu menahan seluruh berat badan bayinya. Lengan bawah ibu melingkari pinggang bayi.




Posisi Duduk II

Pada posisi ini bayi diletakkan di sisi tubuh ibu dengan kaki mengarah ke belakang. Punggung bayi disandarkan pada tungkai ibu dengan diganjal beberapa bantal.

Posisi Duduk III

Setelah atau selama disusui, bayi harus diberi kesempatan untuk mengeluarkan gas (yang ikut tertelan bersama ASI) dari lambungnya agar tidak kembung. Sandarkan bayi dalam posisi tegak pada bahu ibunya sambil punggungnya ditepuk tepuk perlahan sampai ia bersendawa.

semoga info ini bermanfaat.


dikutip dari "DIARI SERI MASA MENYUSUI" dari Lactamil


Artikel yang Berhubungan



Comments (0)

Post a Comment