MASALAH YANG SERING DIJUMPAI SAAT MENYUSUI

Pada saat menyusui akan ada beberapa masalah yang mungkin Ibu temukan. khususnya bagi Ibu yang pertama kali memiliki buah hati.

STRESS
Biasanya diawali Ibu dengan anak pertama, dimana ada rasa takut untuk memegang, menggendong, mauoun menyusui. Padahal bayi rewel di usia 2 minggu hingga 6 bulan.

Disini perlu dukungan suami dan keluarga, karena ini sangat membantu, bahkan untuk hal sederhana sekalipun. Selain itu, rasa percaya diri ibu mampu mempengaruhi kelancaran ASI.



BINGUNG PUTING

Biasanya bayi yang langsung menghisap susu dari botol akan mengalami hal ini. karena proses kerja botol/dot berbeda dengan payudara ibu. Sehingga butuh keterampilan tersendiri untuk menghisap ASI langsung dari puting ibu.

Hindari penggunaan dot/botol dalam pemberian susu..

ASI SEDIKIT

Pada dasarnya produksi ASI sudah disesuaikan dengan kebutuhan, dimana reflek oksitosin membuat susu lancar dari gudang susu yang terdapat pada areola. Reflek ini terjadi sebelum dan saat menyusui. Isapan bayi akan merangsang keluarnya ASI.

pada saat ASI tidak langsung diisap maka otomatis akan berkurang dan menyebabkab payudara tetap penuh. Jika hal tersebut terjadi, maka akan terbentuk PIF (Prolactin Inhibiting Factor), yaitu zat yang menghentikan pembentukan ASI.

JADI SEBAIKNYA SERINGLAH DIHISAP, MAKA INSYAALLAH PROSUKSI ASI SEMAKIN MELIMPAH

dikutip dari "DIARI SERI MASA MENYUSUI" dari Lactamil. dengan sedikit perubahan bahasa.

mudah-mudahan bermanfaat.

Artikel yang Berhubungan



Comments (0)

Post a Comment