Komplikasi Jangka Panjang Diabetes Melitus

Banyak orang yang masih mengganggap penyakit diabetes merupakan penyakit orang tua atau penyakit yang hanya timbul karena faktor keturunan. Padahal, setiap orang dapat mengidap diabetes, baik tua maupun muda, termasuk Anda. Namun, yang perlu anda pahami adalah anda tidak sendiri. Pada tahun 2000 yang lalu saja, terdapat sekitar 5,6 juta penduduk Indonesia yang mengidap diabetes.
Komplikasi yang diakibatkan diabetes bermacam-macam hingga menyebabkan kematian. Karena tidak ada orang yang meninggal karena diabetes, justru komplikasi-komplikasi itulah yang menyebabkan kematian






Banyak orang yang masih mengganggap penyakit diabetes merupakan penyakit orang tua atau penyakit yang hanya timbul karena faktor keturunan. Padahal, setiap orang dapat mengidap diabetes, baik tua maupun muda, termasuk Anda. Namun, yang perlu anda pahami adalah anda tidak sendiri. Pada tahun 2000 yang lalu saja, terdapat sekitar 5,6 juta penduduk Indonesia yang mengidap diabetes.

Komplikasi yang diakibatkan diabetes bermacam-macam hingga menyebabkan kematian. Karena tidak ada orang yang meninggal karena diabetes, justru komplikasi-komplikasi itulah yang menyebabkan kematian. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita mengenal lebih jauh mengenai penyakit ini berikut komplikasi yang bisa ditimbulkan.

Diabetes Melitus (DM) atau kencing manis adalah suatu penyekit dimana kadar gula dalam darah tinggi karena tubuh tidak dapat menghasilkan atau menggunakan insulin secara cukup. Insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh pankreas. Insulin berperan dalam proses penyerapan glukosa ke dalam sel tubuh. Glukosa dalam sel tubuh diubah menjadi energi atau ditimbun sebagai cadangan. Cadangan ini digunakan bila tubuh kekurangan energi.

Apa Saja gejala Diabetes Melitus?

* Sering kencing
* Sering merasa haus
* Sering merasa lapar
* Sering kesemutan
* Sering merasa gatal
* Pandangan mata kabur
* Cepat lelah dan mengantuk
* Berat badan turun drastis
* Adanya gangguan seksual
* Hasil pemeriksaan gula darah: keadaan normal>200 mg/dl, keadaan puasa>126 mg/dl

Mekanismenya

· Makanan diubah menjadi glukosa di lambung

· Glukosa masuk ke dalam peredaran darah

· Pankreas menghasilkan sedikit insulin atau tidak sama sekali

· Insulin yang sedikit atau tidak sama sekali memasuki peredaran darah

· Glukosa menumpuk di peredaran darah.

Bagaimana terapi untuk penderita Diabetes Melitus?

· Pengaturan pola makan dengan pembatasan kalori, terlebih pada penderita dengan overweight

· Olah raga secara teratur dapat membantu penggunaan insulin secara lebih baik oleh sel tubuh

· Berhenti merokok karena nikotin dapat berpengaruh buruk pada penyerapan glukosa oleh sel tubuh

· Menghindari stress

· Minum obat secara teratur dari dokter/herbal

· Melakukan terapi refleksi

· Monitoring kadar gula darah secara teratur

Komplikasi Jangka Panjang Diabetes Melitus :

1. Kerusakan Saraf (neuropati), diabetes dapat merusak saraf dari kaki dan tangan. Keadaan ini dapat menyebabkan gatal-gatal, mati rasa, rasa terbakar, atau nyeri yang biasanya mulai dari ujung jari kaki atau tangan dan secara bertahap menyebar ke daerah lain.

2. Kerusakan Ginjal (nefropati), diabetes dapat merusak jaringan sistem penyeringan yang berada di ginjal, menyebabkan gagal ginjal yang harus menjalani dialisis atau trasnplantasi ginjal.

3. Kerusakan Mata (retinopati), diabetes dapat merusak retina mata, sehingga dapat menyebabkan kebutaan.

4. Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah (kardiovaskuler), Komplikasi yang paling utama dari diabetes melitus adalah kerusakan pada jantung dan pembuluh darah, yang dapat menyebabkan serangan jantung, stroke dan sirkulasi darah yang tidak lancar. Penelitian telah membuktikan bahwa resiko jantung dan stroke lebih tinggi pada penderita diabetes dari pada non-diabetes.

5. Infeksi, kadar glukosa darah yang tinggi dapat menyebabkan gangguan pada sistem imun anda dan meningkatkan resiko terkena penyakit infeksi. Mulut, gusi, paru-paru, kulit, kaki, ginjal, kandung empedu dan alat kelamin merupakan area kemungkinan besar terkena infeksi.



Untuk mencegah anda menderita diabetes dan juga komplikasinya, Dr. Liza menyediakan produk-produk berkhasiat yang telah teruji.

Sambiloto Capsule, membantu mengatasi diabetes, menormalkan kadar gula darah, Meningkatkan kekebalan tubuh, membantu mengatasi bronchitis dan juga sebagai antibiotik alami yang sangat baik. Apabila tertarik ingin mencoba hubungi agent-agent Dr. Liza terdekat di kota anda.


Artikel yang Berhubungan