Penderita Maag Fungsional Dianjurkan Berpuasa




Dari sisi medis, sebenarnya penderita maag tidak sepenuhnya boleh menjalankan ibadah puasa. Namun, jika penderita tetap memaksa dan bertekad melaksanakan puasa, maka boleh-boleh saja. "Asalkan, terlebih dahulu berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui seberapa parah maag yang dideritanya," ungkap dr Dadang Makmun SPPD-KGEH.


Dadang menambahkan, istilah maag sebenarnya adalah istilah umum. Istilah kedokteran untuk maag, menurutnya, adalah dyspeptia. Dijelaskannya, dalam dunia kedokteran ada dua jenis penyakit dyspeptia, yakni dyspeptia jenis organik dan fungsional. Inti dari penyakit itu adanya keluhan, rasa mual di ulu hati, kembung, dan rasa lain yang disebabkan oleh kelainan saluran pencernaan. "Bila penyakit ini sudah kambuh tentu saja tidak kuat menjalankan ibadah puasa, karena perut rasanya melilit-melilit," ujar Dadang.




Dokter yang mendiagnosis penderita maag, biasanya diperiksa tingkat keseriusan yang ada di peradangan lambung dan usus pasien. Ciri dalam dyspeptia organik adalah terdapat peradangan di sekitar lambung atau lecet-lecet yang disebabkan karena tumor atau penyakit-penyakit lain yang menyebabkan luka. "Penderita maag jenis inilah yang kami sarankan tidak boleh berpuasa dulu. Bila ingin berpuasa, maka yang diobati dulu adalah lukanya. Sebab setiap kali perutnya akan nyeri karena bertambahnya produksi pada asam lambung," lanjut dia.


Meski begitu, puasa ternyata justru membuat tubuh seseorang bertambah baik. Terutama pada penderita maag jenis dyspeptia fungsional. Biasanya penderita untuk jenis dyspeptia fungsional tidak diketemukan tanda-tanda tertentu di saat lambungnya diteropong. Penderita seperti itu hanya merasakan perutnya kembung, tanpa ada penyebab yang pasti. "Biasanya, penderita seperti itu lebih karena disebabkan faktor stress, yang seolah-olah perutnya mengalami keluhan tertentu," tambah Dadang.


Dadang menambahkan, justru penderita maag inilah yang paling baik untuk berpuasa. Di samping akan bisa menenangkan diri setelah beribadah secara tekun, biasanya lama kelamaan penyakitnya akan hilang sejalan dengan ketenangan jiwanya. Sebab, ujar Dadang, penyembuhannya memang dengan jalan ketenangan jiwa. Bukan dilakukan dengan pengobatan secara medis. Dalam dyspeptia fungsional tidak ditemukan keanehan, termasuk jenis bakteri Helibacter Pylori yang biasa menyerang pada penderita maag jenis organik. Sehingga jika penderita itu berpuasa, maka tidak akan terjadi perubahan dalam dirinya.



Berikut ini adalah tips-tips untuk menjalankan puasa dengan nyaman bagi anda penderita maag:

* Makan makanan yang wajar ketika berpuasa dan sahur.
* Tidak telat (apalagi terlalu lama) ketika berbuka
* Hindari konsumsi yang bisa memicu lambung gas seperti kol, minuman soda, dll.
* Hindari makanan pedas dan berlemak, karena dapat menimbulkan gas lambung
* Hindari minum kopi, minuman alkohol dan merokok
* Minum air putih yang banyak untuk memperlancar saluran pencernaan
* Hindari stres guna menenangkan perut
* Konsumsi obat untuk lambung. Bahan alami seperti herbal lebih baik karena sekaligus memperbaiki metabolisme yang rusak. Curcumag Capsule, Dr. Liza memiliki khasiat untuk memperbaiki sistem pencernaan, termasuk di dalamnya sakit maag. Terdiri dari kunyit, temulawak dan temu putih. Temulawak dan kunyit dikenal baik untuk mengatasi masalah yang satu ini. Dengan formulasi yang tepat dan seimbang, Curcumag bisa menjadi solusi cerdas untuk masalah pencernaan anda.





Dari berbagai sumber

Artikel yang Berhubungan



Comments (0)

Post a Comment