80% Imunitas Balita Ada di Dalam Pencernaan

Imam Wahyudiyanta - detikSurabaya

detiksurabaya/Imam W

Surabaya - Tidak seperti orang dewasa, seorang balita sangat mudah atau rentan terhadap serangan penyakit. Hal tersebut dikarenakan sistem daya tahan tubuh balita yang memang belum berkembang sepenuhnya seperti sistem daya tahan tubuh orang dewasa.

Komponen pertahanan tubuh atau yang disebut dengan imunitas pada balita sendiri lebih banyak ditentukan oleh faktor dari dalam tubuhnya yakni, di dalam sistem pencernaan. Dan memang 80% komponen imunitas balita berada di dalam sistem pencernaan.

“Saluran cerna yang sehat adalah awal imunitas yang kuat pada balita,” ujar Group Brand Manager Nutrilon, Frinzy Zulkarnain, dalam jumpa pers ‘Protection From the Inside’ di Hotel Sheraton, Jumat (1/8/2008).




Frinzy menambahkan bahwa salah satu solusi untuk meningkatkan imunitas pada balita adalah dengan memberikan nutrisi yang tepat bagi kesehatan saluran cerna. Dan salah satu faktor kunci kesehatan saluran cerna adalah adanya dominasi bakteri baik dibandingkan dengan bakteri patogen.

Pertumbuhan bakteri baik, kata Frinzy, dapat ditingkatkan dengan asupan prebiotik yang merupakan makanan bagi bakteri baik. Prebiotik sendiri salah satunya bisa diperoleh dari susu yang dijual di pasaran.

Frinzy lebih lanjut mengatakan, setidaknya ada 6 manfaat prebiotik bila dikonsumsi oleh balita. Manfaat itu adalah meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran cerna, mengurangi pertumbuhan bakteri patogen dalam saluran cerna, menguatkan dinding saluran cerna.

Selain itu prebiotik juga dapat meningkatkan imunitas mukosa saluran cerna, menurunkan insiden infeksi (ISPA dan diare) dan meningkatkan kelembutan BAB sehingga menghindarkan konstipasi.

Namun Frinzy mengingatkan bahwa selain imunitas, hal lain yang diperlukan oleh balita adalah nutrisi penumbuh otak. Namun 2 hal tersebut adalah 2 hal yang berbeda. Dalam arti nutrisi yang digunakan untuk mengembangkan hal itu tidak sama.

“Namun susu yang mempunyai komposisi imunitas pasti juga tidak lupa memberikan komposisi untuk pertumbuhan otak,” tandas Frinzy.(iwd/fat)



Artikel yang Berhubungan



Comments (0)

Post a Comment